Jumat, 22 Maret 2013

Peluang Timnas Indonesia vs Arab Saudi

Besok Sabtu 23 Maret 2013, Timnas Indonesia akan melawan Timnas Arab Saudi dalam pertandingan lanjutan Pra-Piala Asia Australia 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Ini pertama kalinya Indonesia menjamu sebagai Tuan rumah setelah sebelumnya di grup C Pra Piala Asia ini, Indonesia dikalahkan tipis 0-1 dari Irak pada 6 Februari 2013. Bagi Timnas Arab Saudi ini merupakan pertandingan tandang pertama mereka karena sebelumnya mereka menjadi tuan rumah ketika melawan China. Saat itu Arab Saudi mengalahkan China dengan skor 2-1 di Prince Mohammed Bin Fahad Stadium, Dammam, Arab Saudi. Indonesia dan Arab Saudi pada pra piala Asia kali ini berada di grup C bersama dengan China dan Irak.

Peluang timnas Indonesia untuk mengalahkan Arab Saudi memang tidak ringan. Arab Saudi merupakan tim yang kuat dan merupakan juara Asia tiga kali. Terakhir Indonesia bertemu dengan Arab Saudi pada 7 November 2011 dalam laga persahabatan di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia. Saat itu Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi. Indonesia memang tidak pernah menang melawan Arab Saudi. Kekalahan terbesar Indonesia dari Arab Saudi adalah 0-6 pada prapiala Asia 17 Oktober 2003.
Berikut enam pertemuan terakhir kedua tim:
Arab Saudi 5-0 Indonesia (Pra-Piala Asia) - 10/10/2003
Indonesia 0-6 Arab Saudi (Pra-Piala Asia) - 17/10/2003
Arab Saudi 3-0 Indonesia (Pra-Piala Dunia) - 18/2/2004
Indonesia 1-3 Arab Saudi (Pra-Piala Dunia) - 12/10/2004
Arab Saudi 2-1 Indonesia (Piala Asia) - 14/7/2007
Indonesia 0-0 Arab Saudi (Uji coba) - 7/11/2011

Pertandingan di gelora Senayan nanti seperti mengulang pertandingan antara Indonesia vs arab Saudi di Piala Asia 2007. Saat itu Indonesia yang bermain sebagai tuan rumah di Senayan dikalahkan arab Saudi dengan skor 1-2. Semoga pertandingan besok Indonesia bisa memperoleh point, syukur-syukur bisa menang.

Pelatih Timnas Indonesia

Pada pertandingan melawan Arab Saudi nanti Indonesia akan dilatih oleh Rahmad Darmawan dan Jacksen F Tiago. Padahal sebelumnya Indonesia tadinya akan dilatih oleh Luis Manuel Blanco. Penggantian Luis Manuel Blanco secara mendadak kepada duet Rahmad Darmawan dan Jacksen F Thiago sempat memicu polemik di tubuh Badan Tim Nasional (BTN). Ketua BTN, Isran Noor menyebut bahwa duet pelatih ini ilegal. Bahkan, Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin sempat disebut mengeluarkan memo internal ke Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Hadiyandra, untuk mempertahankan Blanco sebagai Pelatih Timnas Indonesia. Luis Manuel Blanco yang digeser dari posisi pelatih masih belum menerima. Bahkan karena hal ini Blanco telah melaporkan ke kedutaan besar Argentina, Blanco mengungkapkan dirinya juga berencana untuk melaporkan kasusnya kepada FIFA dan juga AFC. Ternyata memang RD dan Jacksen F Tiago ditunjuk BTN sebagai pelatih sementara Timnas Indonesia menggantikan Luis Manuel Blanco. RD dan Jackson F Tiago hanya ditunjuk sebagai pelatih sementara dan bertugas hanya pada pertandingan melawan Arab Saudi. Sampai saat ini mereka tidak memiliki Surat Keputusan (SK). Penunjukan mereka sampai tanggal 23 Maret saja. 


Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Arab Saudi

Indonesia saat ini telah diisi pemain yang bisa dikatakan yang terbaik karena saat ini pemain dari ISL sudah boleh bergabung bersama Timnas. Indonesia bisa makin percaya diri karena pemain naturalisasi seperti Greg Nwokolo, Victor Igbonefo, Raphael Maitimo akan bermain bersama membela Timnas. Yang terbaru pemain naturalisasi Indonesia Sergio Van Dijk yang pernah menjadi top score Liga Australia juga akan memperkuat Timnas Indonesia.

Pemain naturalisasi lainnya seperti Stefano Lilipaly, Diego Michiels dan Tonnie Cusell yang sebelumnya dipanggil dalam proses seleksi ternyata tidak dipilih Rahmad Darmawan. Stefano Lilipaly yang memperkuat klub Belanda, Almere City itu dicoret dengan alasan masih terganjal administrasi. Namun alasan pencoretan Lilipaly yang disebutkan Rahmad Darmawan itu dibantah oleh Habil Marathi karena ternyata proses administrasi kewarganegaraan Stefano Lilipaly sudah selesai. Lilipaly tidak bermasalah dalam proses administrasi kewarganegaraan.  Pemain lainnya, Diego Michiels gagal lolos masuk Timnas karena dianggap oleh pelatih bahwa kondisi Diego tak cukup fit untuk bisa bergabung dengan tim karena sudah lama tidak latihan sejak dibebaskan dari penjara atas tuduhan penganiayaan. Sedangkan untuk Tonnie Cusell tidak masuk karena kualitas Cusell dianggap biasa saja yang sama dengan beberapa pemain seleksi lainnya.

Berikut susunan 28 pemain yang akan melawan Arab Saudi:

Penjaga gawang: Kurnia Mega, Samsidar, I Made Wirawan
Bek: Hamka Hamzah, M Roby, Victor Igbonefo, Abdul Rahman, Zulkifli Syukur, Ricardo Salampessy, Supardi, Ruben Sanadi, Tony Sucipto
Gelandang: Immanuel Wanggai, Ponaryo Astaman, Ahmad Bustomi, Raphael Maitimo, Taufik, M Ridwan, Firman Utina, Ferinando Pahabol, Zulham Zamrun
Penyerang: Andik Vermansyah, Greg Nwokolo, Boaz Solossa, Irfan Bachdim, Ian Louis Kabes, Sergio Van Dijk, Titus Bonai

Pelatih: Rahmad Darmawan

Dari 28 pemain yang lolos dari seleksi timnas nantinya akan dipilih lagi dan disusutkan menjadi 23 pemain. Mengenai siapa nama-nama 23 pemain Timnas Indonesia yang akan melawan Arab Saudi sepertinya baru akan diumumkan menjelang pertandingan.


Susunan Pemain Arab Saudi

Arab Saudi yang dilatih Juan Ramon Lopez Caro ini merupakan tim yang kuat. Setelah mereka menang melawan China 2-1 pada pertandingan pertama di grup C pra piala Asia tentunya mereka berambisi untuk terus memenangi pertandingan di grup berat ini. Diantara lawan Arab Saudi di Grup C tentunya Indonesia di atas kertas masih di bawah tim lainnya seperti Irak dan China. Arab sendiri memiliki persiapan yang cukup matang untuk menghadapi Indonesia. Sebelum menghadapi Indonesia mereka telah melakukan ujicoba terlebih dahulu melawan Malaysia di Shah Alam, Minggu (17/3/2013) dengan hasil 4-1 untuk kemenangan Arab Saudi.

Arab Saudi memiliki pemain-pemain yang berkualitas. Beberapa pemain Arab Saudi yang akan diwaspadai Timnas Indonesia yaitu: Salman Al-Faraj, Taisir Al-Jassim, Fahad Al-Muwallad, dan Mustafa Al-Bassas.

Berikut perkiraan susunan pemain Arab Saudi
Penjaga gawang: Waleed Abdullah, Fahad Althunayyan, Abdullah Alsdairy 
Bek: Mansour Al Harbi, Osama Hawsawi, Sultan Albeshi, Mustafa Albassas, Ahmed Asiri, Omar Howsawi, Hassan Fallatah, Yasir Alshahrani, Ali Alzubaidi           
Gelandang: Kamil Al Mousa, Saud Kariri (c),  Salman Alfaraj, Taiseer Al Jassam, Abdullah Otayf, Yahia Alshehri, Hussain Almoqahwi        
Penyerang: Fhad Almuwallad, Nassir Alshamrani, Naif Hazazi, Yousef Alsalem   

Pelatih: Juan Ramon Lopez Caro

Tiket pertandingan Indonesia vs Arab Saudi

Dikabarkan panitia sudah menyiapkan sebanyak 75 lembar ribu tiket  untuk pertandingan Indonesia vs Arab Saudi, dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia 2015, di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu 23 Maret 2013. Namun, dari total 75 ribu tiket tersebut, hanya 69 ribu yang dijual. Sisanya 6.000 tiket untuk diberikan kepada sponsor, PSSI, wartawan dan lainnya.

Berikut rincian harga tiket Indonesia vs Arab Saudi
VVIP: Rp 1 juta
VIP: Rp 500.000
Kategori 1: Rp 200.000
Kategori 2: Rp 100.000
Kategori 3: Rp 50.000

Tiket mulai dijual Jumat hari ini 22 Maret 2013 atau Sabtu 23 Maret 2013 melalui tiket box yang ada di SUGBK. Tiket tidak dijual secara online, dengan alasan waktu yang mepet.

Indonesia vs Arab Saudi disiarkan secara langsung di SCTV

Bagi yang tidak bisa datang langsung ke stadion, Pertandingan antara Indonesia vs Arab Saudi bisa disaksikan secara langsung di SCTV pada hari Sabtu 23 Maret 2013 jam 19.30 WIB. Sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa pertandingan Timnas akan disiarkan di RCTI. RCTI telah beberapa kali mengiklankan bahwa mereka akan menyiarkan laga antara Timnas Indonesia melawan Arab Saudi. Iklan pertandingan itu bahkan sudah disiarkan sekitar sebulan silam.

Hal ini juga sempat menjadi polemik. PSSI dianggap telah melanggar kontrak hak siar Timnas yang telah dimiliki PT. Media Nusantara Citra (MNC) Group selama tiga tahun. Namun, setelah kisruh PSSI berakhir dengan digelarnya Kongres Luar Biasa PSSI pada 17 Maret 2013, ada perubahan. PSSI tiba-tiba menunjuk SCTV untuk menayangkan laga Timnas, bukan RCTI dari MNC Group. SCTV dianggap berhak menayangkan laga timnas. Alasannya, SCTV memiliki ikatan kontrak dengan PSSI secara jelas. Buat penonton tentu tidak jadi masalah mau disiarkan di RCTI maupun SCTV yang penting pertandingan Indonesia melawan Arab Saudi bisa disiarkan secara langsung.

Comments :

0 komentar to “Peluang Timnas Indonesia vs Arab Saudi”

 

Copyright © 2009 by Info Sepakbola, Musician Blog Design, People.com Inspiration Powered By Blogger, The Blog Full of Games