Sabtu, 16 November 2013

Apakah peluang Indonesia lolos ke Piala Asia 2015 benar-benar tertutup?..

Arab Saudi sudah memastikan lolos ke Piala Asia 2015. Arab Saudi yang satu grup dengan Indonesia memang masih menyisakan 2 pertandingan lagi yaitu melawan China tanggal 19 November 2013 dan melawan Indonesia tanggal 5 Maret 2014. Sisa pertandingan tersebut tidak akan mempengaruhi lolosnya Arab Saudi. Jika dihitung Arab Saudi yang menjadi pimpinan grup C ini hanya kemungkinan disalip oleh China menjadi pimpinan grup C yang saat ini ada di posisi ke-2 dan memperoleh point 7. Jika itu pun terjadi Arab Saudi masih bisa lolos sebagai runner up. Sedangkan Irak dan Indonesia tidak mungkin mendapatkan point 12 apalagi melebihi point yang sudah didapat Arab Saudi itu.

Lalu bagaimana peluang Indonesia apakah bisa ada kemungkinan lolos ke Piala Asia 2015 ?

Juara grup, runner up grup dan posisi ketiga terbaik babak kualifikasi Piala Asia yang akan lolos ke Putaran Final Piala Asia 2015 di Australia. Pada grup C ini sebenarnya semuanya masih punya peluang lolos termasuk Indonesia. Yang paling besar punya peluang lolos di grup C ini selain Arab Saudi yaitu China. Bahkan China bisa menjadi pimpinan Grup C menyalip Arab Saudi. Sedangkan Irak dan Indonesia hanya bisa berharap lolos menjadi runner up  dengan mengharapkan China terjungkal di pertandingan selanjutnya.

Mari kita hitung kemungkinan tersebut dengan melihat klasemen sementara grup C ini.
Group C
Arab Saudi     4     4     0     0     8     3     5     12
China     4     2     1     1     4     3     1     7
Irak    4     1     0     3     2     5     -3     3
Indonesia     4     0     1     3     2     5     -3     1

Semua team di grup C masih memiliki sisa 2 pertandingan lagi termasuk Indonesia. Indonesia masih akan bertanding melawan Irak tanggal 19 November 2013 dan Arab Saudi tanggal 5 Maret 2014. Jika 2 sisa pertandingan itu dimenangi oleh Indonesia maka Indonesia akan memperoleh point maksimal 7 point.  Point yang sama dimiliki China saat ini. Jadi jika Indonesia ingin lolos, Indonesia harus menjadi runner up dan menyingkirkan China dengan syarat China tidak boleh memperoleh tambahan point sedikit pun. Jadi China harus kalah dalam dua pertandingan laga sisa yang dimainkan.

China masih menyisakan dua pertandingan lagi yaitu melawan Arab Saudi 19 November 2013 dan Irak tanggal 5 Maret 2014. Kita berharap China dikalahkan Arab Saudi dan Irak dengan skor telak. 

Irak juga masih mempunyai peluang lolos. Saat ini Irak memiliki point 3. Jika 2 laga sisa dimenangi Irak maka Irak maksimal bisa memperoleh point 9. Dengan demikian, Indonesia harus mengalahkan Irak pada pertandingan Selasa 19 November nanti. Tapi Indonesia juga berharap agar Irak bisa mengalahkan China juga.

Jadi jika ingin lolos ke Piala Asia 2015, Indonesia disamping harus memenangi 2 laga tersisa juga berharap keberuntungan pada hasil laga grup C lainnya. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca skenario di bawah ini.

Ini dia sisa pertandingan di grup C dan skenario yang harus terjadi jika Indonesia ingin lolos ke Piala Asia 2015.
19-11-2013 China vs Arab Saudi di  Shanxi Stadium, Xi'an (Arab Saudi harus bisa kalahkan China dengan skor telak)
19-11-2013 Indonesia vs Irak di  Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta (Indonesia harus bisa kalahkan Irak dengan banyak gol)
05-03-2014 Irak vs China di Rashid Stadium, Dubai (China harus dikalahkan Irak dengan skor telak)
05-03-2014 Arab Saudi vs Indonesia (Indonesia harus bisa kalahkan Arab Saudi)

Jika hal ini benar-benar terjadi maka Indonesia bisa lolos ke Piala Asia 2015.  Kemungkinannya memang kecil karena tentunya Irak dan China tidak akan membiarkan hal ini terjadi.

Comments :

0 komentar to “Apakah peluang Indonesia lolos ke Piala Asia 2015 benar-benar tertutup?..”

 

Copyright © 2009 by Info Sepakbola, Musician Blog Design, People.com Inspiration Powered By Blogger, The Blog Full of Games