Jumat, 17 Januari 2014

Perkiraan daftar nama pemain/skuad dan persiapan klub-klub untuk kompetisi ISL 2014

ISL 2014 akan dimulai pada 1 Februari 2014. Klub-klub peserta ISL sudah ada yang siap untuk menjalani kompetisi nanti namun ada juga yang saat ini masih dalam proses menyeleksi pemain. Bursa transfer Liga Super Indonesia (ISL) semakin ramai menjelang dimulainya ISL 2014.  Banyak pemain yang keluar masuk pada sejumlah klub.

Kompetisi ISL musim 2014 diikuti 22 klub menggunakan format kompetisi dua wilayah, masing-masing wilayah terdiri dari 11 klub.

Adapun peserta wilayah Barat kompetisi ISL 2014 adalah :  Arema Indonesia, Gresik United, Persija Jakarta, Semen Padang, Sriwijaya FC, Persita Tangerang, Persik Kediri, Persijap Jepara, Persib Bandung, Pelita Bandung Raya dan Barito Putera

Sedangkan Peserta kompetisi ISL 2014 Wilayah Timur adalah: Persipura Jayapura, Perseru Serui, Mitra Kukar, Persisam Samarinda, Persiram Raja Ampat, Persiba Bantul, Persela Lamongan, Persepam Madura United, Persebaya Surabaya, Persiba Balikpapan dan PSM Makassar

Dari 22 klub tersebut terdiri dari 4 klub dari IPL, yaitu PSM Makassar, Semen Padang, Persijap Jepara dan Persiba Bantul. Tiga klub dari promosi Divisi Utama yaitu Persebaya Surabaya, Perseru Serui dan Persik Kediri. Sementara 15 klub lainnya adalah mereka yang bertahan di ISL musim 2012-2013. Kompetisi ISL 2014 dilakukan dalam empat tahap, yaitu penyisihan grup, babak 8 besar, semifinal, dan final.  Pada ISL ini setiap klub diperbolehkan menggunakan pemain asing dengan kuota maksimal empat pemain (3 non Asia dan 1 Asia). Dari 4 pemain asing ini, hanya tiga pemain yang diijinkan bermain dalam setiap pertandingan.

Berikut perkiraan pemain atau skuad klub-klub yang berlaga di  wilayah barat kompetisi ISL 2014 adalah :

Arema Indonesia
Klub berjuluk Singo Edan ini akan memakai nama Arema Cronus Indonesia untuk kompetisi Liga Super Indonesia tahun 2014.

Setelah ditinggal Rahmad Darmawan (RD) yang memilih untuk bergabung dengan Persebaya Surabaya, Arema Indonesia langsung menunjuk pelatih baru.  Arema menunjuk Joko Susilo sebagai pelatih kepala dan berduet dengan Suharno.

Pada musim ini, Arema tak hanya menjalani laga di ISL 2014 tetapi juga mengikuti laga AFC Cup 2014 menghadapi tiga tim asal Malaysia, Maladewa dan Vietnam.

Arema merupakan tim yang memiliki pemain-pemain berkualitas. Arema Cronus juga banyak dihuni pemain bintang. Ada dua pemain baru Arema yang kini jadi kunci tim berjuluk Singo Edan itu. Mereka adalah playmaker Gustavo Lopez dan striker Samsul Arif. Klub ini, juga memulangkan kembali mantan pemainnya di masa lalu. Mereka adalah Ahmad Bustomi, Arif Suyono, dan Juan Revi.  Pemain bintang lainnya yang masih bertahan di Arema yakni Kurnia Meiga, Victor Igbonefo,  Alberto Goncalves, Thierry Gathuessi serta Cristian ‘El Loco’ Gonzales.

Ada lagi pemain yang saat ini sedang meningkat kualitas skillnya yaitu, Irysad Maulana sehingga menjadi the rising star terbaru dalam tim ini.  Pemain-pemain berkualitas ini merupakan sebuah modal bagus bagi Arema untuk menjadi juara ISL 2014.

Perkiraan Susunan Pemain Arema Cronus untuk ISL 2014
Kurnia Meiga (PG); Thierry Gathuessi , Munhar, Gilang Ginarsa, Ahmad Alfarizi; Juan Revi, Hendro Siswanto, Gustavo Lopez, Samsul Arif; Dendi Santoso, Cristian Gonzales, Ahmad Kurniawan (PG), Purwaka Yudi, Benny Wahyudi, Rendy Ramang, Gede Sukadana, Sunarto, Alberto Goncalves
Pelatih: Suharno


Gresik United
Klub yang berjuluk Laskar Joko Samudro ini saat ini ditangani pelatih Agus Yuwono. Untuk menghadapi kompetisi ISL 2014, Gresik United memanfaatkan pemain-pemain IPL yang sudah tak terpakai klubnya yang terpaksa bubar. Beberapa nama pemain eks IPL yang direkrut Gresik United yaitu Sukasto Efendi (eks Persema Malang), Legimin Raharjo (eks Arema IPL), Makhrus Bachtiar (eks Persijap Jepara), Yusuf Hamzah (Persebaya 1927), dan Hamdi Ramdan (eks Persija IPL).

Selain itu Gresik United juga merekrut  empat pemain yang merupakan asli Arek Gresik. Keempat pemain itu adalah, David Faristian, Kacung Khoirul Munif, Habib Syukron dan Dedi Indra.

Lini pertahanan Gresik United juga akan diperkuat pemain asing, Otacvio Dutra. Selain itu pemain asing lainnya yang akan memperkuat Gresik United yaitu gelandang Shohei Matsunaga (Jepang), dan Pape Latyr Ndiaye (Senegal).

Perkiraan Susunan Pemain Persegres GU untuk ISL 2014
Sukasto Efendi, Legimin Raharjo, Otavio Dutra, Mahrus Bahtiar, Mahyadi Panggabean, Fajar Andika, Shohei Matsunaga,Reza Mustofa, Jimmy Suparno, Eliazer Thoncy M, Ndiaye Pape L,  Herry Prasetyo, Dedi Indra S, Handi Ramdhan, Lan Bastian, David Faristian, Jacky Pasarella, Kacung Khoirul Munib
Pelatih: Agus Yuwono


Persija Jakarta
Macan Kemayoran, yang merupakan julukan Persija ini  membidik hasil tinggi untuk ISL 2014 yaitu harus mampu menjadi juara. Hal ini membuat Benny Dolo berusaha meracik tim terbaik.

Persija memiliki banyak pemain senior dan muda yang berkualitas. Persija akan diperkuat beberapa mantan pemain Timnas U-23 seperti Ramdani Lestaluhu, Egi Melgiansyah, dan Syahrizal. Persija juga merekrut pemain Mario Costas . Pemain asal Argentina yang sudah berusia 32 tahun ini masih nampak gesit dalam mengolah sikulit bundar. Naluri mencetak golnya juga tinggi.

Persija juga akan diperkuat dua penyerang lokal, yaitu Agung Supriyanto dan Rachmat Affandi.

Sedangkan Elie Aiboy yang sempat akan direkrut Persija akhirnya dilepas karena penampilan pemain 34 tahun itu dianggap masih di bawah ekspektasi pelatih.

Perkiraan Susunan Pemain Persija untuk ISL 2014
Andritrany Ardhiyasa, Adixi Lenzivio, Daryono, Fabiano Beltrame, Ngurah Wahyu Trisnajaya (Nanak), Ismed Sofyan, Dany Saputra, Victor Pae, Firmansyah, Syahrizal, Mardiansyah, Amarzukih, Egi Melgiansyah, Feri Komul, Ramdani Lestaluhu, Abduh Lestaluhu, Rudi Setiawan, Rohit Chand, Defri Rizky, Mario Costas, Rahmat Afandi, Agung Supriyanto
Pelatih : Benny Dolo


Semen Padang
Klub berjuluk Kabau Sirah yang merupakan pe­rem­pat finalis AFC Cup 2013 ini siap me­nga­ru­ngi kompetisi, Indonesia Super League (ISL) 2014.

Pasca ditinggal Edward Wilson, Semen Padang seakan kehilangan greget dan sentuhan lini depan sehingga Semen Padang membutuhkan striker baru. Semen Padang mendatangkan empat pemain baru yaitu pemain asal Argentina, Ezequiel Gonzales, kemudian Eka Ramdhani, Airlangga Sucipto, dan Seftia Hadi. Ezequiel diproyeksikan untuk menggantikan posisi pemain asing asal Liberia, Edward Wilson Junior yang hengkang. Mantan penyerang Persib Bandung, Airlangga Sucipto yang direkrut Semen Padang juga diharapkan bisa menjadi andalan dalam kecepatan di depan.

Perkiraan Susunan Pemain Semen Padang FC untuk ISL 2014:
Rahmanuddin, Putra Syabilul Rasad, Jandia Eka Putra, Novan Setya Sasongko, Aldi Rinaldi, David Ngon Pagbe, Wahyu Wijiastanto, Saepuloh Maulana, Ricky Akbar Ohorella, Gitra Yudha Furthon, Yu Hyun Koo, Rudi, Eka Ramdani, Jajang Paliama, Hendra Adi Bayauw, Esteban Gabriel Vizcarra, M. Nur Iskandar, Ezequiel Gonzalez, Farrizal Dillah, Airlangga Sucipto
Pelatih: Jafri Sastra


Sriwijaya FC
Laskar Wong Kito telah melakukan perombakan besar-besaran  untuk menghadapi ISL 2014.  Tidak tanggung-tanggung, klub ini melepas 90 % lebih pemain musim lalu. Sriwijaya FC kembali memasukkan pemain Defender Timnas U-23 Timor Leste, Diogo Santos yang sempat dipinjamkan ke Persegres selama setengah musim. Diogo Santos  menjadi satu-satunya pemain asing yang tersisa dari skuad musim lalu. Sementara pemain lokal yang masih bertahan tinggal M Sobran.

Tim Sriwijaya FC saat ini mungkin tidak sebaik dua tahun lalu yang bertabur banyak pemain bintang namun saat ini SFC telah memiliki pemain-pemain berkualitas di setiap lininya. Dari skuad pemain baru di klub Sriwijaya, ada beberapa pemain yang bisa disebut sebagai pemain bintang, yakni Vendry Mofu, Syamsir Alam, Maman Abdurrahman,  Siswanto dan Erol Iba.

Pemain lainnya seperti Syakir Sulaiman yang menjadi pemain muda terbaik kompetisi Liga Super Indonesia juga direkrut Tim sriwijaya FC.  Sriwijaya juga merekrut beberapa pemain muda dari tim SFC U-21.

Perkiraan Susunan pemain Sriwijaya FC untuk ISL 2014:
Fauzi Toldo, Selsius Gebze, Teja Paku Alam, Tri Goentara, Firdaus Ramadhan, Erol Iba,Ahmad Sumardi, Abdulaiye Youssuf Maiga, Maman Abdurrahman, Jeki Arisandi, M. Sobran, M. Hamzah, Asri Akbar, Ichsan Kurniawan, Havit Ibrahim, Rivan Nahumarury, Diogo Santos, Anis Nabar, Siswanto, Syakir Sulaiman, Lancine Kone, Vendry Mofu, Rizky Dwi Ramadhana, Alan Marta, Syamsir Alam, Rishadi Fauzi
Pelatih: Subangkit


Persita Tangerang
Pendekar Cisadane julukan Persita belum sepenuhnya rampung dalam melakukan persiapan untuk ISL 2014.  Target Persita untuk musim ini ingin masuk ke papan tengah.

Pemain baru yang bergabung dengan Persita diantaranya, Kenji Adachihara (eks Persib Bandung) dan Valentino Telaubun (eks Perseman Manokwari).

Penyerang asal Chile, Christian Carrasco yang mendapat julukan Spiderman tetap dipertahankan Persita. Musim ini, Persita sepertinya akan mengandalkan duet Christian Carrasco dan Kenji Adacihara dalam menjebol gawang lawan.

Perkiraan Susunan pemain Persita Tangerang untuk ISL 2014:
Yogi Triana (PG), Luis Duran Edmundo, FX Januar, Gusrifen Efendi, Ronald Meosiau, Valentino Telaubun, Dirga Lasut, Irfan Mofu, Sirvi Arvani, Kenji Adacihara, Christian Carasco
Pelatih: Arcan Iurie


Persik Kediri
Macan Putih, julukan Persik Kediri saat ini sedang dalam proses pembentukan tim. Bahkan Persik sedang membutuhkan waktu untuk menyeleksi pemain untuk persiapan ISL 2014. Walaupun begitu Persik saat ini tetap tim tangguh meski tengah mempersiapkan pemain. Persik merupakan tim yang berstatus promosi dari Divisi Utama ke ISL.

Persik Kediri telah memiliki pemain Rendi Irwan Saputra yang telah menjadi bintang utama Persik. Rendi yang mantan pemain Persebaya ini pintar mencari posisi dan menjadi kreator serangan. Kecerdikan Rendi dan kecepatan Faris Aditama bisa menjadi andalan Persik dalam menghadapi lawan-lawannya.

Perkiraan Susunan pemain Persik Kediri untuk ISL 2014:
Tedi Heri, Khusnul Yuli Kurniawan, Asep Budi Santoso, Sofyan Efendi, M. Fatchul Ichya, Tasil S, Jefri Dwi Hadi, Asep Berlian, Claudio Luis Jandre Sobrinho, Rendi Irawan, Dicky Firasat, Wahyudi, Zahrul Huda, Slamet Sampurno, Faris Aditama, Indra Jaya, Dhimas G, Alberto Ramon Sosa Morel
Pelatih: Aris Budi Sulistyoo



Persijap Jepara
Laskar Kali Nyamat mungkin bisa dianggap tim underdog diantara tim-tim kuat ISL nantinya. Manajemen Persijap akan realistis mengarungi kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014, karena dana yang terbatas.

Pelatih Persijap Raja Isa saat ini masih melakukan seleksi pemain. Seleksi diikuti pelamar dari mantan pemain Persijap musim lalu, dan eks tim PON 2012 Jateng serta dari putra daerah. Persijap juga mencari bibit-bibit muda pemain berbakat yang dipantau lewat pertandingan antarkampung (tarkam).

Untuk striker, Persijap Jepara resmi mengontrak Christian Lenglolo. Mantan striker PSIR Rembang. Persijap juga memiliki bek asal Brasil Evaldo Silva.

Perkiraan Susunan pemain Persijap Jepara untuk ISL 2014:
Dedy Hariyanto, Evaldo Silva (C), Danial, Sugiono, Ahmad Buchori, M Fauzan Jamal, Anam Sahrul, Diva Tarkas, Khanif Muhajirin, Cornelis Kaimu, Ahmad Noviandani, Danang Wihadmoko, Catur Rintang, Fatkul Manan, Slamet Riyadi, Lucky Oktaviano, Noorhadi, Yanuarius Y Kahol,  Christian Lenglolo
Pelatih : Raja Isa



Persib Bandung
Maung Bandung -julukan Persib berharap akan meraih gelar juara di ISL 2014 nanti.   Persib Bandung yang berstatus tim elite karena banyaknya keluar-masuk pemain-pemain bintang setiap musim tentunya ingin meraih gelar juara di ISL 2014.

Persib yang sekarang diisi para pemain baru. Sebelumnya, Persib telah mendepak beberapa pemainnya baik asing maupun lokal yang kinerja dan performa para pemain tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi. Para pemain asing yang didepak Persib adalah Abanda Herman, Naser Al Sebai, George Parfait Mbida Messi, Hilton Moreira dan Kenji Adachihara. Sedangkan pemain lokal yang didepak adalah Cecep Supriatna, Aang Suparman dan Airlangga Sucipto. Selain itu, ada beberapa pemain yang memilih hengkang dari Persib yaitu Maman Abdurahman, Asri Akbar dan Rizky Bagja. Sergio van Dijk juga tidak lagi membela Persib. Penyerang naturalisasi asal Belanda itu bergabung di klub Sepahan, Iran.

Persib Bandung juga melepas penyerang asingnya, Djibril Coulibaly akibat rentan cedera. Setelah melepas Djibril Coulibaly karena cedera bawaan berkepanjangan yang tak kunjung sembuh, Persib Bandung akhirnya memutuskan untuk merekrut eks striker Persiba Bantul, Fortune Udo yang pernah memperkuat timnas Nigeria U-21. Udo dianggap memiliki kualitas permainan yang mumpuni, tidak jauh berbeda dengan Djibril. Selain masih muda, posturnya juga bagus dan memiliki naluri mencetak gol yang bagus.

Selain Udo Pemain Baru Persib yang telah direkrut sebelumnya untuk ISL 2014 yaitu Tantan (Sriwijaya FC), Ahmad Jufriyanto (Sriwijaya FC), Ferdinand Sinaga (Persisam Samarinda), Konate Makan (Barito Putera), M. Natshir (Arema Indonesia), Abdul Rahman (Sriwijaya FC), M. Taufiq (Persebaya 1927), dan Vladimir Vujovic (OFK Petrovac).

Perkiraan Susunan pemain Persib untuk ISL 2014:
I Made Wirawan, Shahar Ginanjar, M Natshir Fadhil Mahbuby, Supardi Nasir, Tony Sucipto, Jajang Sukmara, Muhammad Agung Pribadi, Ahmad Jufriyanto, Abdul Rahman, Vladimir Vujovic (Serbia-Montenegro), Atep, Firman Utina, Muhammad Ridwan, Muhammad Taufiq, Hariono, Makan Konaté (Mali), Tantan, Sigit Hermawan, Ferdinand Alfred Sinaga, Fortune Udo
Pelatih Kepala : Djadjang Nurdjaman



Pelita Bandung Raya
Pelita Bandung Raya yang memiliki  Julukan, The Boys are Back menjelang musim kompetisi Liga Super Indonesia 2014 ini terus memantapkan persiapan dalam segala hal. Sejumlah pemain berpengalaman direkrut agar PBR bisa berprestasi maksimal.

Beberapa pemain baru PBR antara lain Bambang Pamungkas, Dias Angga Putra, David Laly dan Kim Jeffrey Kurniawan. Tak hanya itu, ada juga tiga pemain dari PBR U-21 yang promosi ke senior.

Pemain bintang yang mendapat perhatian di PBR ini tentunya adalah Bambang Pamungkas. Striker baru Pelita Bandung Raya (PBR), Bambang Pamungkas bersama tandemnya Gaston Castano diharapkan bisa memberikan gol-gol untuk PBR.

PBR juga mengumumkan bahwa mereka telah merekrut Wildansyah dan Saddam Tenang yang berposisi sebagai fullback.

Perkiraan Susunan pemain Pelita Bandung Raya untuk ISL 2014:
Dennis Romanovs, Boban Nikolic, Dias Angga, Wildansyah, Syaifuddin, Rizky Pellu, Kim Kurniawan, Agus Indra, Bambang Pamungkas, David Laly, Wawan Febriyanto, TA Musafri, Hermawan, Gaston Castano
Pelatih: Dejan Antonic


Barito Putera
Jelang kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013-2014,  Laskar Antasari  julukan Barito Putera siap bersaing untuk menoreh prestasi lebih baik. Salah satu yang kini dilakukan Barito adalah mencari pemain yang dinilai mampu mengangkat prestasi Laskar Antasari musim depan, minimal empat besar.

Barito Putra juga telah merekrut bek Persib Bandung, Abanda Herman. Sehingga Barito Putra saat ini sudah memiliki 4 pemain asing. Keempat pemain asing yang telah dimiliki Barito adalah Keith Kayamba Gumbs, James Koko Lomell, dan Abanda Herman, serta satu Asia, yakni Daewon Ha. Dari empat pemain asing tersebut, dua berposisi pemain belakang, yaitu Daewon dan Abanda.

Barito Putra resmi mendapatkan Keith Kayamba Gumbs untuk mengisi pos lini depan yang ditinggalkan Djibril Coulibaly. Barito Putra juga diperkuat duo pemain Naturalisasi yakni Tonie Cussel dan Ruben Wuarbanaran.

Perkiraan Susunan Pemain Barito Putera untuk ISL 2014
Aditya Harlan, Dedi Iman, Joko Ribowo, Abanda Herman, Agus Cima, Faturrahman, Guntur Ariyadi, M Rizky Mirzamah, Supriyadi, Ruben Wuarbanaran, Amirul Mukmin, Ana Supriatna, Dedi Hartono, Lucky Wahyu, Risky Ripora, Syahroni, Tonnie Cusell, James Koko Lomell, Syaifullah Nazar, Yongki Aribowo, Yosua Pahabol, Keith Kayamba
Pelatih: Salahudin


Klub-klub Peserta kompetisi ISL 2014 Wilayah Timur juga sudah menyiapkan pemainnya untuk kompetisi ISL 2014. Berikut klub-klub tersebut:


Persipura Jayapura
Tim berjuluk “Mutiara Hitam” yang Juara Liga Super Indonesia (ISL) musim lalu ini tentunya ingin mempertahankan gelar juaranya ini. Persipura Jayapura mengungkapkan akan menggunakan pemain yang memiliki karakter cepat di musim ini. Namun pemain Persipura saat ini masih belum kompak karena memiliki banyak pemain baru.

Persipura memang banyak ditinggal pemain utama di musim lalu. Contoh Zah Rahan Krangar dan Patrich Wanggai yang sama-sama hengkang ke Liga Malaysia. Jika Zah Rahan ke Felda United FC, Wanggai berseragam T Team. Dilanjut hengkangnya dua tembok pertahanan seperti Otavio Dutra ke Gresik United dan Ricardo Salampessy ke Persebaya Surabaya.  Selain itu Persipura juga kehilangan Ortizan Sollosa dan Viktor Pae.

Ditingggal pemainnya, Persipura Jayapura merekrut pemain baru untuk menyambut kompetisi musim 2013/14.  Beberapa pemain yang direkrut adalah Andri Ibo (Persidafon Dafonsoro), Domingus Fakdawer (Persita Tangerang), Eddie Foday Boakay (Sriwijaya FC), Titus Bonai (Semen Padang), Dede Sulaiman,  Izaac Wanggai, dan Jaelani Aray. Juga ada pemain asing asal Liberia, yakni Boakay Eddie Foday.

Perkiraan Susunan Pemain Persipura Jayapura untuk ISL 2014
Ferdiansyah; Bio Paulin Pierre, Andri Ibo, Yohanis Tjoe, Ruben Sanadi; Immanuel Wanggai, Lim Joon-sik, Ian Louis Kabes, Ferinando Pahabol; Jaelani Arey, Eddi Foday Boakay, Yoo Jae-hoon, Yustinus Pae, Nelson Alom, Ricky Kayame, Izaac Wanggai, Titus Bonai, Lukas Mandowen.

Pelatih: Jacksen Tiago


Perseru Serui
Klub asal Papua berjuluk Cendrawasih Jingga ini baru saja promosi dari Divisi Utama ke Liga Super Indonesia. Perseru Serui saat ini sedang menyiapkan tim sebaik mungkin.

Perseru Serui telah mengontrak pemain baru. Lima pemain yang baru dikontrak itu adalah Oktovianus Maniani (mantan Barito Putera), Stevie Bonsapia (mantan Persipura Jayapura), Cornelius Geddy (PSAU), Sony Odo (mantan Mojokerto Putra), dan Sami Patrick (mantan Persiram Raja Ampat).

Perkiraan Susunan Pemain Perseru Serui untuk ISL 2014
Teguh Amiruddin; Bilibig Dian Machrus, Seme Patrick, Liston Fonataba, Tonni R Ayomi, Alex Yarangga; Oktovianus Maniani, Ali Khaddafi, Arthur Barios Bonai; Yoksan Amma, Sunday Oboh, Galih Firmansyah, Michael Ditubun, Stevie Bonsapia, Cornelis Geddy, Marthen Oni Sibi, Jefri Wiliam Haay, Allan Arthur Aronggear.
Pelatih: Robby Maruanaya


Mitra Kukar
Naga Mekes julukan Mitra Kukar sudah siap menghadapi kompetisi ISL 2014 bahkan mereka sudah melakukan ujicoba dengan melancong ke Spanyol. Sejumlah laga uji coba dijalani tim asal Kalimantan Timur itu selama di Negeri Matador. 

Mitra Kukar telah ditinggalkan beberapa pemain bintangnya, seperti Hamka Hamzah, Esteban Herrera, Paolo Frangipane, Ilija Spasojevic, dan Ahmad Bustomi. Mita Kukar langsung merekrut pemain baru untuk bermain bersama pemain lawas macam Zulkifli Syukur, Raphael Maitimo, Hendra Ridwan, serta Jajang Mulyana. Pemain baru Mitra Kukar diantaranya yaitu Erick Weeks Lewis, Reinaldo Lobo, Bima Sakti, Zulvin Zamrun, Gunawan Dwi Cahyo, Dian Agus Prasetyo (eks Barito Putera) dan yang terbaru, Diego Michiels sehingga saat ini Mitra Kukar memiliki duo pemain naturalisasi yaitu Diego Michiels dan Raphael Maitimo.

Mitra Kukar telah memiliki pemain-pemain bertipe lincah di depan seperti Anindito, Zulham dan Fadil yang bermain dengan mengutamakan kecepatan dan menusuk pertahanan. Pemain belakangnya juga tidak kalah bagus. Dibelakang Mitra Kukar diperkuat dua pemain asing yakni Park Chul Hyung dan Reinaldo Lobo. Disamping itu, pemain belakang lokalnya juga tidak kalah berkualitas yakni Gamal, Danang Puspito, Gunawan Dwi Cahyo dan pemain naturalisasi Diego Michiels.

Perkiraan Susunan Pemain Mitra Kukar untuk ISL 2014
Dian Agus Prasetyo (PG), Zulkifli Syukur (C), Park Chul Hyung, Reinaldo Lobo, Diego Michiels, Raphael Maitimo, Erick Weeks Lewis, Bima Sakti, Anindito Wahyu Erminarno, Zulham Zamrun, Fadil Sausu, Joice Sorongan, Gunawan Dwi Cahyo, Zulvin Zamrun, Hendra Ridwan, Yogi Rahadian, Dedi Gusmawan, Danan Puspito, Jajang Mulyana
Pelatih:  Stefan Hansson


Persisam Samarinda
Pesut Mahakam julukan Persisam Putra Samarinda (Pusam) terus melakukan persiapan serius guna menghadapi kompetisi ISL musim depan bergulir. Persisam Putra Samarinda (Pusam) menargetkan finis di peringkat empat besar kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014. Untuk kompetisi ISL 2014 kabarnya Persisam Putra Samarinda akan kembali merubah namanya menjadi Putra Samarinda (Pusam).

Putra Samarinda telah merekrut mantan striker Mitra Kukar, Ilija Spasojevic. Penyerang asal Jugoslavia itu merupakan pemain asing ketiga sekaligus terakhir yang direkrut tim Pesut Mahakam pada musim ini.   Sebelum Spasojevic, Persisam sudah lebih dulu mendatangkan dua pemain asing, yaitu Ebrahim Loveinian  asal Iran dan Jean Paul Boumsong asal Kamerun.

Perkiraan Susunan Pemain Putra Samarinda untuk ISL 2014
Rivky Mokodompit; Wahyu Kristanto, Anggi Indra, M Siswanto, Erik Setiawan, Yus Arfandi; Joko Sasongko, Fajar Legian, Ebrahim Lovenian, Engel Berd Sani, Sultan Samma; JP Boumsong, Spaso, Bayu Gatra.
Pelatih: Mundari Karya



Persiram Raja Ampat
Dewa Laut- julukan Persiram Raja Ampat melakukan perombakan besar-besaran sebagai persiapan tampil di kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2013-2014. Hampir 50 persen pemain lama Persiram pindah ke klub lain sehingga harus diganti pemain baru yang mengisi pos yang ditinggalkan.

Pemain-pemain yang telah meninggalkan Persiram Raja Ampat diantaranya yakni kiper Jandry Pitoy, pemain sayap Rony Boreperay, pemain tengah asal Korea Selatan Lee, termasuk tiga pemain asing lainnya, yakni Farhad, Seme Patrick dan James Koko Lomel.

Pemain-pemain baru yang direkrut Persiram Raja Ampat  antara lain, penyerang Osas Saha dari Persisam Samarinda, Mbida Messi dari Persib Bandung, Aldair dan Leo Saputra, serta kiper Galih Sudaryono.

Perkiraan Susunan Pemain Persiram Raja Ampat untuk ISL 2014
Deny Marsel ,Galih Sudaryono,Wempi Obure, Kubay Quaian,Leo Tupamahu,Sanun Alqadri,Frans Sauyai,Marko Kabiay,Arifin Genuni,Ortizan Sollosa,Ronny Beroparay,Edison Ames, Imanuel Padwa,Elfis Nuh Harewan,Mbida Messi,Gideon Way,Kristian David Uron, Osas Marvelous Saha,Mario Aibekop,Ronal Setmot,Moses Nazareth Banggo,Penias Fakdawer,Steven Anderson Imbiri,Erol Simunapendi, Permenas Iwanggin
Pelatih: Gomes de Olivera


Persiba Bantul
Laskar Sultan Agung julukan Persiba Bantul ini telah melakukan seleksi pemain guna persiapan kompetisi Indonesia Super League (ISL). Persiba Bantul memang masih menyeleksi pemain agar dapat memantapkan pola dan strategi guna menyiapkan tim di ajang Indonesia Super League (ISL) 2014 mendatang.

Empat pemain yang baru bergabung ke Persiba Bantul adalah eks striker PSPS Pekanbaru Isnaini, eks gelandang Deltras Sidoarjo Aulia Tri Hartanto, dan bekas bek Perseman Manokwari  Yosef Marandof.

Sementara itu, dua pemain seleksi Persiba Bantul dicoret menyusul evaluasi selama Inter Island Cup (IIC) 2014. Keduanya adalah bek kelahiran Balikpapan Aidin Elmi dan eks gelandang Persebaya Heri Prasetyo.

Perkiraan Susunan Pemain Persiba Bantul untuk ISL 2014
Wahyu Tri Nugroho, Andi Setyawan, M Yasir, Slamet Widodo, Rhomadon, Johan Ibo, Eduardo Bizarro, Saralim, Anwarudin, Didik, M Aulia, Johan Manaji, Rian Wahyu. Bayu Perdana, Javad Moradi, Solahudin, Majid Mony, Jorge Paredes, Jejen, Ugiek Sugiyanti
Pelatih: Sajuri Syahid


Persela Lamongan
Laskar Joko Tingkir, yang merupakan tim asal Lamongan ini sedang mempersiapkan tim semaksimal mungkin dalam sisa waktu yang ada untuk ISL 2014. Proses persiapan memang masih terus berjalan.

Persela memang  telah banyak ditinggalkan pemainnya. Tim kebanggaan LA Mania kehilangan pemain andalannya seperti Samsul Arif, Fandi Eko Utomo, Djayusman Triadi, hingga Jimmy Suparno . Bukan hanya itu, Persela Lamongan juga harus kehilangan dua pemain asingnya di kompetisi musim sebelumnya, yaitu dua pemain asal Argentina, Gustavo Lopez (gelandang) yang hengkang ke Arema Indonesia, dan Mario Costas (penyerang) yang memilih bergabung dengan Persija Jakarta.

Untuk mengganti pemainnya, Persela telah mendatangkan striker Brasil yang pernah memperkuat klub Spanyol Hercules CF, Addison Alves.

Persela juga sudah merekrut gelandang asal Montenegro, Srdjan Lopicic yang merupakan Mantan gelandang Persisam Samarinda.  Sosok Lopicic bukan hanya bagus, tapi juga bisa bermain dalam tim.  Lopicic akan mengisi posisi gelandang menggantikan peran Gustavo Lopez yang hengkang ke Arema Cronus, dan Fandi Eko Utomo yang merapat ke Persebaya.

Persela juga masih akan diperkuat pemain asing lamanya bek asal Slovakia Roman Golian yang masih menjadi tembok tangguh bagi Persela di lini belakang.

Perkiraan Susunan Pemain Persela Lamongan untuk ISL 2014
Khoirul Huda (PG), Roman Golian, Suroso, Taufik Kasrun, Dodok Anang; Lopicic, Catur Pamungkas, Zaenal Arifin, Arif Ariyanto; Bijahil Calwa, Adison Alves de Olivera, Roni Tri Prasnanto (PG), Eki Taufik, Burhanudin, Feri Ariawan, Danu Rosade, Rudi Santoso, Agung Suprayogi
Pelatih: Eduard Tjong


Persepam Madura United
Laskar Sape Kerap -julukan Persepam sepertinya masih dalam proses mencari pemain baru yang bisa diandalkan untuk menghadapi kompetisi ISL.

Persepam bakal mempunyai dua striker asing yakni Silvio Escobar dan Guy Junior. Silvio Escobar  bisa menjadi bintang di Madura jika bisa terus konsisten dengan ketajamannya. Silvio Escobar juga enerjik dan pekerja keras. Sedangkan Alain Nkong yang sebenarnya berkarakter menyerang, rencananya bakal didaulat sebagai playmaker menggantikan Raul Asprilla.  Raul Asprilla harus angkat kopor dari Madura karena dianggap kurang bagus saat tampil di IIC.

Perkiraan Susunan Pemain Persepam untuk ISL 2014
Gery Mandagi (PG), Deny Rumba, Abou Bakar, Fakhrudin, Michael Ora, Busari (C), Ade Suhendra, Slamet Nur Cahyo, Rossy Noprihanis, Silvio Escobar, Guy , Syaifudin, Firly Adriansyah, Choirul Mashuda, Issacj Djober, Alain Nkong, Zaenal Arief, Febry
Pelatih: Daniel Roekito


Persebaya Surabaya
Bajol Ijo julukan Persebaya ini bukanlah Persebaya 1927, yang musim lalu bermain di Indonesian Premier League melainkan Persebaya ISL  yang dibentuk tahun 2010. Persebaya ini baru saja promosi ke kasta tertinggi, Indonesia Super League (ISL) setelah promosi dari Divisi Utama. Persebaya bisa menjadi favorit juara karena mempunyai banyak pemain bintang dan dilatih pelatih nasional, Rahmad Darmawan.

Rahmad Darmawan baru bergabung dengan Persebaya Surabaya setelah mengantarkan Timnas Indonesia U-23 meraih perak di SEA Games 2013 Myanmar, Desember lalu.

Rahmad Darmawan selain pindah dari Arema juga membawa gerbong staf pelatih dan pemain Arema seperti Francis Wewengkang, Hendro Kartiko, Greg Nwokolo, Hasyim Kipuw dan Dedi Kusnandar. Disamping itu Rahmad Darmawan juga membawa pemain Timnas Indonesia U23 untuk ikut dengannya di Persebaya Surabaya, sebut saja Fandi Eko Utomo, Alfin Tualasamony, Dedi Kusnandar, dan Manahati Lestusen.

Selain itu, Persebaya telah merekrut pula sejumlah pemain baru, antara lain Emmanuel Kenmogne, M. Ilham, Leo Saputra, Vava Mario Yagalo, Ambrizal, Patrice Dzekou, Ferry Rotinsulu dan lainnya.

Perkiraan Susunan Pemain Persebaya untuk ISL 2014
Ferry Rotinsulu, Jendri Pitoy dan Thimas Rian Bayu.Ambrizal, Leo Saputra, Vava Mario Yagalo, Daniel Monchare, Manahati Lestusen, Hasim Kipuw, Alfin Tuasalamony, Ricardo Salampessy, Zainal Haq dan Ahmad Hisyam Tolle, Abdul Rahman Lestaluhu, M Ilham, Akbar Rasyid, Firmansyah, Dedi Kusnandar, Novri Setiawan, Patrice Nzekou, Ari Supriatna, Emmanuel Kenmogne, Greg Nwokolo, Agu Casmir, Wahyu Subo Seto dan Fandi Eko Utomo.



Persiba Balikpapan
Tim Beruang Madu –julukan Persiba Balikpapan siap menyongsong Liga Super Indonesia 2014. Tim ini  terus memantapkan persiapan mereka jelang berlaga di Indonesia Super League (ISL) 2014. Persiba yang tergabung dalam wilayah Timur hanya menargetkan papan tengah.

Persiba memang telah banyak kehilangan pemain utamanya yang bermain pada musim lalu. Pemain  yang meninggalkan Persiba Balikpapan yaitu Yusar Fandi yang pindah ke Putra Samarinda juga Patrice Nzekou yang pindah ke Persebaya. Untuk menggantinya Persiba telah mengontrak pemain baru Ansu Toure, pemain timnas Liberia yang mempunyai skill bagus. Persiba Balikpapan juga mengontrak mantan striker Persela Lamongan, Aris Alfiansyah untuk membuat  lini depan Persiba makin tajam.

Perkiraan Susunan Pemain Persiba Balikpapan untuk ISL 2014
Wawan Hendrawan (PG), Yudi Khoerudin, Bezi Franck Edouard, Rendy Siregar, Muhamad Kamri, Arifki Eka Putra, Fengky Turnando, Yaiko Balanta Pena, Mustaid Billah, Ansou Toure, Riski Novriansyah, Fauzal Mubaraq (PG), Fandy Mochtar, Alfian Habibi, Carlos Ozuna, Aris Alfiansyah, Absor Fauzi, Ahmad Sembiring
Pelatih: Jaya Hartono


PSM Makassar
Tim Juku Eja julukan PSM Makassar masih  mempersiapkan timnya menjelang kompetisi ISL yang dimulai awal Februari nanti.

Saat ini PSM Makassar dilatih Pelatih asal Jerman, Jorg Peter Steinebrunner.  Disamping itu pemain PSM saat ini jauh lebih baik dari musim sebelumnya, apalagi setelah kepastian bergabungnya sejumlah pemain top seperti Roman Chmelo serta Mantan kapten Sriwijaya FC Ponaryo Astaman. Untuk posisi kiper, PSM Makasar juga memiliki Markus Haris Maulana, mantan kiper timnas.

PSM Makassar juga diperkuat pemain mudanya seperti Rasyid A Bakri, Kurniawan Karman, Rasul Zainuddin, dan lainnya. Disamping itu PSM Makassar juga merekrut Striker PSM Makassar, Abdul "Abanda" Rahman yang merupakan Striker muda yang memperkuat Persepar Palangkaraya di putaran pertama kompetisi IPL 2013.

Perkiraan Susunan Pemain PSM Makassar untuk ISL 2014
Markus Haris Maulana, I Ketut Mahendra, Djayusman, Yusuf Hamzah, Ardan Aras, Syamsul Chaeruddin, Ponaryo Astaman (C), Rasyid Bakri, Rasul Zainuddin, Qifly Tamarah, Abdul "Abanda" Rahman,I Ngurah Komang AP, Rachmat Latief, Agung Prasetyo, Supandi, Kurniawan, Jufri, Ando Oddang, Roman Chmelo
Pelatih: Jorg Peter Steinebrunner

Catatan: Nama-nama pemain masih bisa berubah karena beberapa klub masih sedang menyeleksi pemainnya.

Comments :

0 komentar to “Perkiraan daftar nama pemain/skuad dan persiapan klub-klub untuk kompetisi ISL 2014 ”

 

Copyright © 2009 by Info Sepakbola, Musician Blog Design, People.com Inspiration Powered By Blogger, The Blog Full of Games